PIP IPM

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekolah menengah kejuruan (SMK) merupakan "tongkat estafet" yang sering kali diremehkan, bahkan dilupakan orang sebagai tingkatan pendidikan yang banyak mendukung perkembangan industri kreatif di Tanah Air.

Pendapat tersebut dikemukakan oleh Muhamad Lukman, satu dari tiga orang pendiri Pixel Pilot Project di sela-sela berlangsungnya Pekan Industri Kreatif Indonesia, di Jakarta, Jumat (26/6). Pixel Pilot Project adalah sebuah kelompok kerja yang berhasil menciptakan konsep 'Batik Fractal', yaitu proses penciptaan motif batik menggunakan integrasi ilmu matematika dan komputer.

"Prestasi mereka selama ini luar biasa, banyak sudah yang mereka hasilkan, sayangnya selama ini mereka lebih sering dipandang tak lebih sebagai tukang," ujar Lukman.

Lukman menambahkan, hal itu terjadi karena selama ini mereka seakan tenggelam oleh "kakak-kakaknya" di perguruan tinggi. Mereka, siswa dan lulusan SMK itu terlalu sibuk berkutat di balik pekerjaannya. Padahal, lanjut Lukman, para siswa SMK tersebut punya basis kreativitas yang lebih hebat daripada mahasiswa teknik, sekalipun itu mahasiswa ITB.

"Saya berani katakan bahwa pada praktiknya anak SMK lebih hebat dari anak ITB karena, sejak pertama sekolah, mereka lebih banyak bergulat dengan semua pekerjaan teknis dan kuantitasnya lebih tinggi sebagai praktisi," ujar lulusan ITB ini.

Lukman menambahkan, belakangan ini sekolah SMK kian menjamur. Prestasi mereka pun bergam dan semakin banyak, mengikuti jejak "kakak-kakaknya" di ITB, ITS, dan berbagai perguruan tinggi lainnya.

"Merekalah yang kelak ikut memajukan dunia pendidikan Indonesia untuk mendukung perkembangan industri kreatif ke depan, tinggal diasah dan dimanfaatkan," ujarnya.

Label: edit post
0 Responses

Posting Komentar